Contoh Soal Tematik Kelas 3 SD Tema 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Tema 2 pada Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD berfokus pada "Menyayangi Tumbuhan dan Hewan." Tema ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian siswa terhadap makhluk hidup di sekitar mereka, serta memahami manfaat dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam tema ini, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP (Seni Budaya dan Prakarya), dan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).
A. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia dalam tema ini menekankan pada kemampuan siswa dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara tentang tumbuhan dan hewan.
-
Membaca dan Memahami Teks
-
Contoh Soal 1:
Baca teks berikut dengan saksama!
"Di kebun belakang rumahku, tumbuh berbagai macam tanaman. Ada pohon mangga yang rindang, pohon jambu yang manis buahnya, dan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Setiap pagi, aku menyiram tanaman-tanaman itu dengan air bersih. Aku juga memberikan pupuk agar tanaman tumbuh subur. Selain tanaman, di kebunku juga ada beberapa ekor ayam dan kucing peliharaan. Aku memberi mereka makan setiap hari dan membersihkan kandang mereka agar tetap bersih dan sehat."
Pertanyaan:
- Apa saja jenis tanaman yang disebutkan dalam teks?
- Apa yang dilakukan penulis setiap pagi untuk merawat tanaman?
- Selain tanaman, hewan apa saja yang dipelihara di kebun?
- Mengapa penulis membersihkan kandang hewan peliharaannya?
- Buatlah kalimat sederhana yang menjelaskan manfaat merawat tumbuhan!
-
Contoh Soal 2:
Baca teks berikut!
"Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Kucing memiliki bulu yang halus dan mata yang indah. Kucing suka bermain dengan bola atau benang. Kucing juga suka makan ikan dan daging. Kita harus menyayangi kucing dengan memberinya makan dan minum yang cukup, serta membersihkan kandangnya secara teratur."
Pertanyaan:
- Sebutkan ciri-ciri fisik kucing yang disebutkan dalam teks!
- Apa makanan yang disukai kucing?
- Bagaimana cara kita menyayangi kucing menurut teks?
- Buatlah kalimat yang berisi pesan tentang pentingnya menjaga kebersihan hewan peliharaan!
- Apa judul yang tepat untuk teks di atas?
-
-
Menulis
-
Contoh Soal 1:
Buatlah sebuah cerita pendek tentang pengalamanmu merawat tanaman di rumah atau di sekolah! Cerita tersebut minimal terdiri dari 5 kalimat.
-
Contoh Soal 2:
Tuliskan sebuah surat pendek kepada temanmu yang berisi ajakan untuk ikut serta dalam kegiatan menanam pohon di lingkungan sekolah!
-
-
Menyimak
- (Guru membacakan sebuah cerita atau teks pendek tentang tumbuhan atau hewan, kemudian siswa menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang mereka dengar.)
-
Berbicara
-
Contoh Soal 1:
Ceritakan di depan kelas tentang hewan peliharaan yang kamu miliki atau hewan yang paling kamu sukai! Jelaskan ciri-ciri fisik, makanan, dan cara merawatnya.
-
Contoh Soal 2:
Berikan pendapatmu tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan bagi kehidupan manusia dan hewan!
-
B. Matematika
Matematika dalam tema ini dapat diintegrasikan dengan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, serta pengukuran berat dan panjang yang berkaitan dengan tumbuhan dan hewan.
-
Contoh Soal 1:
Ibu membeli 25 buah apel dan 18 buah jeruk. Berapa jumlah seluruh buah yang dibeli ibu?
-
Contoh Soal 2:
Pak Tani memanen 48 kg sayur bayam. Ia menjual 32 kg sayur bayam di pasar. Berapa kg sayur bayam yang tersisa?
-
Contoh Soal 3:
Setiap hari, seekor ayam membutuhkan 150 gram pakan. Berapa gram pakan yang dibutuhkan untuk 5 ekor ayam dalam sehari?
-
Contoh Soal 4:
Sebuah pohon mangga menghasilkan 64 buah mangga. Jika buah mangga tersebut akan dibagikan kepada 8 orang tetangga, berapa buah mangga yang akan diterima setiap tetangga?
-
Contoh Soal 5:
Tinggi sebuah tanaman bunga matahari adalah 120 cm. Tinggi tanaman mawar adalah 75 cm. Berapa selisih tinggi kedua tanaman tersebut?
C. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)
SBdP dalam tema ini dapat diintegrasikan dengan kegiatan menggambar, mewarnai, membuat kolase, atau membuat kerajinan tangan dengan tema tumbuhan dan hewan.
-
Contoh Soal 1:
Gambarlah seekor hewan peliharaan yang kamu sukai! Warnai gambar tersebut dengan warna yang menarik.
-
Contoh Soal 2:
Buatlah kolase dengan menggunakan biji-bijian atau daun kering untuk membentuk gambar bunga atau hewan!
-
Contoh Soal 3:
Buatlah kerajinan tangan sederhana dari bahan bekas (misalnya botol plastik atau kardus) yang berbentuk pot tanaman atau tempat makan hewan peliharaan!
-
Contoh Soal 4:
Nyanyikan sebuah lagu anak-anak yang bertema tentang tumbuhan atau hewan! (Misalnya lagu "Lihat Kebunku" atau "Burung Kakak Tua")
D. PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
PPKn dalam tema ini menekankan pada penerapan nilai-nilai Pancasila dalam menyayangi tumbuhan dan hewan, serta menjaga lingkungan.
-
Contoh Soal 1:
Mengapa kita harus menyayangi tumbuhan dan hewan? Jelaskan pendapatmu!
-
Contoh Soal 2:
Berikan contoh perilaku yang menunjukkan sikap menyayangi tumbuhan dan hewan di lingkungan sekolah!
-
Contoh Soal 3:
Apa yang akan kamu lakukan jika melihat temanmu merusak tanaman di taman?
-
Contoh Soal 4:
Mengapa penting untuk menjaga kebersihan lingkungan agar hewan dan tumbuhan dapat hidup dengan baik?
-
Contoh Soal 5:
Sebutkan 3 contoh hak dan kewajiban kita terhadap hewan peliharaan!
Kesimpulan
Contoh soal tematik kelas 3 SD tema 2 "Menyayangi Tumbuhan dan Hewan" yang telah disajikan di atas mencakup berbagai aspek pembelajaran, mulai dari pemahaman teks, kemampuan berhitung, kreativitas seni, hingga penerapan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan contoh soal ini dapat membantu guru dalam menyusun materi pembelajaran yang menarik dan efektif, serta membantu siswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep yang berkaitan dengan tema ini. Penting untuk diingat bahwa pembelajaran tematik sebaiknya dilakukan secara kontekstual dan menyenangkan, sehingga siswa dapat belajar dengan aktif dan termotivasi untuk menyayangi tumbuhan dan hewan serta menjaga kelestarian lingkungan. Guru juga dapat mengembangkan soal-soal yang lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa di kelas masing-masing. Dengan demikian, tujuan pembelajaran tematik yang holistik dan integratif dapat tercapai secara optimal.